The Secret Agents: Rahasia Kaum Muda

http://majalahcobra.com/blog/the-secret-agents-rahasia-kaum-muda.html

– February 27, 2012 –

Oleh: Harlan Boer

Foto: Anggun Priambodo

The Secret Agents, photo by Anggun Priambodo, taken at The Jaya Pub, for 1st edition cover of Majalah Cobra.

Jika melihat sosok-sosok itu di mini market atau restoran bakmi, agak sulit untuk menerka profesi mereka. Apakah mereka mafia judi dan emas batangan?

Tapi, sesungguhnya Indra Ameng adalah manajer band White Shoes & The Couples Company (yang dulunya juga dikenal sebagai manajer band rumahsakit), penyelenggara keriaan-keriaan di aneka lokasi, DJ, pembuat video musik, dan sederet panjang kredit lainnya, termasuk orang bijaksana di ruangrupa. Sementara Keke Tumbuan merupakan penulis dan fotografer yang juga gemar bikin-bikin acara musik dan ber-DJ. Namun yang jelas, mereka berdua adalah seniman metropolis merangkap agen partikelir bidang budaya alternatif kaum muda.

Pada suatu hari, Indra Ameng dan Keke Tumbuan membentuk duo rileks tapi tangguh bernama The Secret Agents dengan project-project kontinuitasnya yang melibatkan fotografi, musik maju, dan suasana tertentu.

Sejak 2008, The Secret Agents mengadakan acara musik regular sebulan sekali bernama SUPERBAD!, sebuah perhelatan intim, progresif, dan karib yang diadakan Minggu malam hingga lewat jam malam. Sebuah acara yang menampilkan nama-nama seperti Hightime Rebellion, Risky Summerbee & The Honeythief, Tika, The Swimming Elephant, Zeke Khaseli, Polyester Embassy, dan banyak lagi bermain di panggung The Jaya Pub yang berdiri sejak 1975, bersama penonton-penonton antusias yang memencet klakson yang bunyinya seperti milik tukang roti Law, dan senyum bartender yang teramat veteran.

Hingga kini, sudah lebih dari 30 kali acara itu diadakan, dan akan terus berlanjut. Kadang acara dirancang tematik, seperti peluncuran album atau pesta karaoke untuk merayakan ulang tahun rasi bintang tertentu, atau khusus merayakan indie label ciamik. Dengan segala kesejukannya menyuguhkan musik dan tontonan non pasaran, memberi pentas untuk band-band keren yang karena berbagai hal jadi lebih banyak di pojokan, maka memindahkan kata ”alternatif” dan SUPERBAD! seperti lebih sulit dari mencoba memindahkan ibu kota Argentina.

Tebak-tebak tempat manggis

Sementara “The Diary of The Secret Places and… The Secret Agents” adalah project berbagi foto-foto tempat rahasia yang dijepret masing-masing dari The Secret Agents, yang seringkali menimbulkan sensasi, yang bisa direspon dalam bentuk teks apa saja, selain tentunya rasa-rasa di hati-hati kita.

*tulisan ini termuat di Majalah Cobra edisi perdana